Subscribe:

Labels

Kamis, 15 November 2012

Berhenti Merokok

Tips Trik Cara Ampuh Berhenti Merokok Secara Alami, Mudah dan Efektif


cara berhenti merokok
Apakah anda perokok aktif dan ingin berhenti merokok selamanya? Berikut tips trik ampuh cara berhenti merokok secara alami, cara cepat berhenti merokok dengan hipnotis, obat sederhana untuk stop (anti) ngerokok atau bagaimana cara mengurangi kebiasaan merokok yang efektif dan mudah akan di ulas disini.

Telah banyak riset yang membuktikan bahwa rokok sangat menyebabkan ketergantungan dan akibat atau dampak negatif rokok sangat berbahaya bagi kesehatan. Kebiasaan merokok merupakan pemicu beberapa penyakit mematikan seperti, serangan jantung, stroke, kanker, penyakit pernapasan, penyakit pencernaan, efek buruk bagi kelahiran, emfisema, dan juga dapat menghambat proses perbaikan dan pertumbuhan otot.

Adapun bahan-bahan kimia (racun) yang terkandung dalam rokok seperti :
  • Nikotin, kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks.
  • Tar, yang terdiri dari lebih dari 4000 bahan kimia yang mana 60 bahan kimia di antaranya bersifat karsinogenik.
  • Sianida, senyawa kimia yang mengandung kelompok cyano.
  • Benzene, juga dikenal sebagai bensol, senyawa kimia organik yang mudah terbakar dan tidak berwarna.
  • Cadmium, sebuah logam yang sangat beracun dan radioaktif.
  • Metanol (alkohol kayu), alkohol yang paling sederhana yang juga dikenal sebagai metil alkohol.
  • Asetilena, merupakan senyawa kimia tak jenuh yang juga merupakan hidrokarbon alkuna yang paling sederhana.
  • Amonia, dapat ditemukan di mana-mana, tetapi sangat beracun dalam kombinasi dengan unsur-unsur tertentu.
  • Formaldehida, cairan yang sangat beracun yang digunakan untuk mengawetkan mayat.
  • Hidrogen sianida, racun yang digunakan sebagai fumigan untuk membunuh semut. Zat ini juga digunakan sebagai zat pembuat plastik dan pestisida.
  • Arsenik, bahan yang terdapat dalam racun tikus.
  • Karbon monoksida, bahan kimia beracun yang ditemukan dalam asap buangan mobil.

Berhenti merokok adalah keputusan tepat bagi kesehatan, namun membutuhkan tekad yang kuat dalam diri kita sendiri untuk melaluinya. Motivasi dan konsistensi adalah hal yang dibutuhkan jika Anda ingin benar-benar terlepas dari kebiasaan buruk ini. Nah, jika Anda ingin terbebas dari kebiasaan merokok, Anda bisa memulainya dengan 6 langkah berikut ini :

1. Yakinkan Diri Anda Sendiri
Membekali diri dengan kayakinan dan tekad yang kuat untuk berhenti merokok adalah modal utama yang harus Anda miliki. Berhenti merokok lebih dari sekedar mengucapkannya dengan perkataan, lebih dari itu, yakinkan diri Anda untuk benar-benar kuat dalam melalui hambatan dan godaan selama proses berhenti merokok.


2. Kurangi Secara Berkala
Kebiasaan yang sudah Anda lakukan bertahun-tahun tentunya akan sulit jika dihentikan secara mendadak. Nah, untuk mengatasinya, sebaiknya kurangi batang rokok yang Anda isap setiap hari. Jika sebelumnya Anda menghabiskan 3-4 batang rokok, Anda bisa kurangi secara bertahap menjadi 1-2 batang saja per hari, hingga Anda benar-benar tidak mengisap sama sekali.


3. Kenali Saat Dimana Anda Sering Merokok
Temukan saat-saat di mana Anda paling sering merokok, dan temukan pula solusi untuk menghindari saat-saat tersebut. Misalnya, seseorang akan cenderung merokok saat pikiran suntuk dan stres. Bila demikian, lebih baik hindari keinginan merokok dengan melakukan aktivitas lain yang dapat mengalihkan perhatian Anda dari kebiasaan merokok, contohnya berolahraga.


4. Makanlah Secara Teratur
Bagi para perokok, terkadang rasa lapar sering disalah artikan sebagai keinginan untuk merokok. Nah, untuk menghindari hal ini, makanlah secara teratur. Mengkonsumsi makanan tinggi nutrisi seperti sayuran dan buah-buahan akan membantu Anda mengurangi keinginan untuk merokok.


5. Rajinlah Berolahraga
Berolahraga seperti jalan kaki dan jogging setiap hari akan meningkatkan mood dan kesegaran serta meningkatkan energi Anda. Berjalan juga menjadi cara yang baik untuk menghilangkan stres jauh lebih baik dari merokok.


6. Tahan Keinginan Anda
Setiap Anda merasakan dorongan untuk merokok, tunggulah 5 menit sebelum Anda menyalakannya. Di hari berikutnya perpanjang menjadi 10 menit begitu seterusnya. Dengan cara ini tubuh Anda akan menyadari bahwa dorongan untuk merokok semakin lama akan menghilang secara perlahan gan.

Intinya cara berhenti merokok yang paling mudah dan efektif besumber pada diri Anda sendiri. Sekuat apa keinginan dan niat itu ada di dalam diri Anda. Jika ingin hasil yang positif, usaha juga harus positif dan tetap disiplin. Mulailah hidup sehat dengan berhenti merokok hari ini!

0 komentar:

Posting Komentar