Subscribe:

Labels

Selasa, 20 November 2012

Cara Mengatasi Ngantuk di Kelas


CARA MENGATASI NGANTUK DI KELAS


pertama,, pastikan waktu tidur anda cukup,.(terutama wktu tidur malam hari)
kedua,, pastikan tidur anda berkualitas..(bukan merem ayam doang)
ketiga,, duduk daerah depan.. biar ada perasaan segan terhadap dosen,, sehingga ngntuknya hilang
keempat,, kalau bnr2 ngantuk,, ke WC dlu. cuci muka..

jika masi ga ada yang mempan..,, besok2 bawa bantal kekampus,, biar tidurnya lebih nyaman,...

Solusi pertama, dan mudah-mudahan ini yang terbaik, adalah dengan menambah waktu tidur. Tapi inget, tidurnya harus tetep dalam proporsi yang ‘cukup’, bukan berlebihan. Soalnya klo berlebihan, bisa-bisa malahan tambah ngantuk, bukannya ngebuat segerrrr…

Aduh, sorry ye,.. gw aktivis tulen nih. Setiap waktu bagi gw adalah berharga. Dari pagi sampe malem, kerjaan gw klo ga rapat, demo, ya ngerjain suatu kerja nyata untuk ngebangun umat. So, gimana donk ? lu bisa ngebayangin donk klo gw nambah waktu tidur gw, apa kata dunia ?! bisa terbengkalai semua kerjaan gw.

Nah, untuk yang sehari-harinya aktif banget. Temen-temen bisa nyoba beberapa tips di bawah ini (semoga bisa mengurangi rasa kantuk)

- Makan permen
Ini cara yang gw dapetin sejak gw SMP. Dengan kita makan permen, lidah sebagai indera pengecap mengirimkan berita ke otak tentang rasa permen yang kita makan. So, otak ngerespon donk. Nah, yang tadinya mata kita udah redup karena ngantuk, mau ga mau dipaksa ama otak untuk melek lagi, soalnya otak lagi bekerja buat melakukan pewacanaan di diri kita, misalnya : “azzzeeekkk, rasa permennya enak coy! Suka gw! Sok atuh, terusin ngemut permennya ^_^”.

Cara ini lumayan efektif, tapi biasanya ketika kita ngebuka bungkus permen yang terbuat dari plastic, maka akan menimbulkan suara “kresek-kresek” dan itu akan menarik perhatian temen-temen di sekitar kita. Nah loh, klo ga ngasih kan ga enak juga ^_^. So, klo emang cuma bawa satu permen, buka bungkusnya pelan-aja, supaya temen-temen kita ga pada ngiler hehehe

- Cuci muka or (pokoknya) segera keluar dari kelas
Ini juga cara klasik. Waktu temen-temen semua ngerasa ngantuk di kelas, langsung aja izin ke kemar mandi buat mandi, eh salah ding (hehhehe), buat cuci muka maksudnya. Di kamar mandi, langsung aja bilas muka dengan air. Selain itu, coba deh kumur-kumur + ngebersihin hidung pake air, kayak pas kita wudhu. Selain itu, basahin juga rambut bagian belakang kepala kita. Tambahan, klo bisa leher juga ikut dibasuh dengan air, termasuk tengkuk.

Jangan lupa bawa sapu tangan, atau minimal tissue, buat ngelap air yang di leher (termasuk tengkuk) supaya baju yang kita pakai ga basah. Lagian, tengsin juga klo basah-basah masuk ke kelas.

Tapi sebenernya sih, cara ini ga bertahan lama klo kita emang bener-bener ngantuk beratz. Paling cuma bertahan antara 10-30 menit. Setelah itu mata kembali meredup dan kita siap berakting untuk menyembunyikan ngantuknya kita. Masa’ sie mau bolak-balik ke kamar mandi . . .? kan klo keseringan malu juga ^_^
Or klo kuatir terlalu basah (keliatannya) karena abis cuci muka. Maka temen-temen ga mesti cuci muka, cukup keluar ruangan setelah itu menikmati pemandangan di luar kelas.

- Ngeliatin temen-temen di sekitar kita
Temen adalah inspirasi. Yupz, setuju banget. Kadang-kadang pas kita bakalan timbul rasa geli pas ngeliat muka serius temen kita atau ngeliat kepala temen kita yang manggut-manggut bukan Karena ngerti apa yang dijelasin dosen, tapi karena ngantuk (juga). Biasanya kita langsung ngebandingin dengan diri kita. Ooooh, ternyata klo ngantuk itu gitu ya. Ih, malu yaaaa….
tapi awas! tetep jaga pandangan!



- Saling menggosokkan telapak tangan lalu tempelkan ke mata
Jika kantuk datang menyerang, saling gosokkan ke dua belah telapak tangan sampai timbul rasa panas. Setelah itu, tempelkan dua belah telapak tangan (yang masih hangat itu) ke mata (tentunya mata yang terpejam ya, klo matanya ga mejem, bisa2 kecolok hehehehe).

- Bertanya kepada dosen atau temen
Nah, ini mungkin cara yang paling efektif dan efisien buat ngilangin ngantuk di kelas. Dengan bertanya, kepada teman terlebih lagi dosen, maka akan membuat diri kita berpikir lebih keras tentang pelajaran itu. Apalagi klo nanya sama dosen, dijamin deh lebih cepet memenangkan pertarungan melawan kantuk. Soalnya untuk nanya ke dosen, selain menyiapkan pertanyaan yang berbobot (kan malu ama temen klo pertanyaannya ecek-ecek), tentunya juga harus menyiapkan mental lebih. Bayangin aja, untuk bertanya kepada dosen, kita harus terlebih dahulu member tanda kepada dosen tersebut agar dosen tersebut tahu bahwa kita ingin bertanya, ini artinya kita butuh keberanian. Setelah diizinkan bertanya, suara kita saat bertanya harus bisa terdengar jelas. Soalnya klo pertanyaannya gak jelas, maka dosen akan meminta kita untuk mengulangi pertanyaan lagi. ini (pun) artinya butuh keberanian. Belum lagi klo dosennya balik nanya ke kita tentang pendapat kita. Nah looohhh,,,, ini bener-bener ngebuat kita langsung menang melawan kantuk. Ya, semoga saja ^_^

0 komentar:

Poskan Komentar