Subscribe:

Labels

Kamis, 15 November 2012

Cara Menghilangkan Bekas Luka


Penanganan Luka Bakar
Dibawah ini adalah beberapa cara pertolongan pertama pada luka bakar: 
  1. Hentikan proses luka bakar, dapat dilakukan dengan menjauhkan sumber panas atau membawa korban menjauhi sumber panas, misalnya dengan memadamkan api.
  2. Mendinginkan luka adalah dengan membasuh luka dengan air mengalir (suhu 15 derajat celcius) selama 20 menit. Mengaliri daerah yang terkena dengan air seperti ini akan mendinginkan luka, mengurangi nyeri dan mencegah bengkak atau luka lebih lanjut. Selain itu proses irigasi ini akan meningkatkan  proses penyembuhan dan mencegah timbulnya skar (luka parut) atau luka menonjol. Tidak disarankan penggunaan kecap, sabu, pasta gigi dan lain sebagainya karena justru dapat membuat luka lebih dalam.
  3. Mengurangi rasa sakit dapat dilakukan dengan melakukan pendinginan dan menutup luka. Selain itu dapat menggunakan obat seperti parasetamol atau ibuprofen.
  4. Tujuan dari penutupan luka adalah perlindungan terhadap hipotermia. Luka dapat ditutup dengan menggunakan polyvinyl chloride film (Cling film) atau yang mudah ditemukan adalah plastik yang biasanya digunakan untuk menutup makanan. Plastik ini dipilih  sebagai bahan penutup karena tidak lengket, dan mudah digunakan, dan transparan sehingga mudah untuk melihatnya. Bisa juga ditambah dengan hydrogel atau gel khusus luka bakar, namun ini jarang digunakan.
Mencegah Kecacatan Luka Bakar
Sampai saat ini masih banyak ditemui kasus-kasus luka bakar baik yang ringan sampai yang berat. Penanganan yang tidak tepat dapat mengakibatkan bekas yang bisa membuat orang menjadi tidak percaua diri atau mengalami kesulitan karena cacat yang ditimbulkan. Bahkan pada luka bakar berat dapat menyebabkan kematian.
Luka bakar adalah luka yang disebabkan oleh trauma termal atau terkait dengan ushu yang dapat disebabkan oleh api, air mendidih, bahan kimia, listrik, dan radiasi. 

Cara Alami Merawat Wajah Dari Bekas Luka

Cantik dan sehat merupakan dua hal yang saling berkaitan satu sama lain. Seseorang yang ingin tampil cantik dengan wajah yang berseri dan bersih tentunya harus selalu memperhatikan kesehatan kulit wajah Anda. Kecantikan harus selalu dikaitkan dengan kesehatan, karena ketika Anda cantik dengan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan kulit wajah, maka kecantikan itu akan lenyap. Gangguan kulit wajah yang sering menyerang adalah ketika wajah bermasalah dengan jerawat, kulit wajah berminyak, kulit wajah kering, dsb.
Kecantikan atau ketampanan wajah memang tidak dapat dijadikan sebuah landasan penting untuk menilai kepribadian seseorang. Walaupun Anda tidak cantik ( menurut standar penilaian orang-orang ), tapi ketika Anda sehat jasmani dan rohani, niscaya Anda akan tetap menjadi perhatian orang banyak. Oleh karena itu Anda tidak termasuk wanita yang merugi karena masalah kecantikan. Anda bisa mengaplikasikan atau melakukan perawatan secara alami untuk menjaga kecantikan kulit wajah Anda dari bekas luka, bekas jerawat, bekas luka tergores dsb dengan menggunakan bahan alami yang berasal dari buah-buahan atau tanaman herbal lainnya.

Cara Menghilangkan Bekas Luka Pasca Operasi

Ketika kita mengalami suatu gangguan penyakit atau gangguan kesehatan atau gangguan tubuh lainnya yang harus mengharuskan diri kita menjalani pembedahan operasi atau seorang ibu yang hendak melahirkan dengan operasi caesar. Kemudian setelah di operasi tubuh akan mencoba untuk menyembuhkan dirinya sendiri, karena kulit sehat tidak dapat tumbuh dengan cepat dan membutuhkan perawatan yang sangat intensif dan membutuhkan waktu yang cukup lama.
Bekas pembedahan operasi akan meninggalkan bekas pada kulit dan biasanya ada beberapa jenis kulit yang merasa sensitif menimbulkan daging tumbuh atau sejenis benjolan pada kulit yang keluar yang disebut keloid. Jaringan parut ini mempunyai keterbatasan pada peredaran darah, gerakan dan sensasi. Bekas luka juga tidak memiliki kelenjar keringat, warna pucat, sensitif dan tidak mampu bertahan terhadap sinar ultraviolet.

0 komentar:

Posting Komentar