Subscribe:

Labels

Senin, 19 November 2012

Mencegah Kulit Kering

Cara Mandi yang Tepat Untuk Mencegah Kulit Kering


img Seringkali setelah mandi kulit malah menjadi kering dan bersisik. Itu tanda bahwa Anda menggunakan jenis sabun yang salah dan gesekan handuk ke kulit yang terlalu keras, sehingga kelembaban alami pada kulit hilang.

Mandi sebenarnya bukan hanya rutinitas untuk membersihkan tubuh tapi juga langkah awal dari perawatan kulit harian Anda. Karena itu, perlu memperhatikan cara mandi yang tepat agar mendapatkan kulit yang sehat dan lembut. Ini dia caranya, seperti dirangkum dari iDiva.

1. Gunakan Shower Gel, Jangan Sabun
Menurut Dermatologist Dr Abhijeet Desai, sabun cenderung membuat kulit kering karena sifat alkali nya. Ganti sabun mandi yang biasa Anda pakai dengan shower gel atau body wash yang mengandung pelembab. Shower gel mampu membersihkan dan memberi rasa segar di kulit dan membuatnya kering. Shower gel juga lebih mudah diusapkan dan dibilas, dibandingkan sabun biasa.

2. Pilih Loofah Berkualitas Baik
Sabut mandi, atau loofah biasa digunakan untuk mengusapkan sabun ke kulit sekaligus mengangkat set kulit mati. Loofah juga bisa membantu membersihkan area tubuh yang sulit terjangkau (punggung atau bokong) dengan baik. Selain itu, loofah yang berkualitas baik juga bisa meluruhkan sel kulit mati dan melancarkan sirkulasi darah saat mandi.

3. Manjakan Diri Anda
Mandi biasa lebih dilihat sebagai rutinitas dan keharusan untuk menjaga kebersihan tubuh. Tapi lebih dari itu, mandi bisa Anda jadikan sebagai kegiatan untuk memanjakan diri sendiri. Pilih shower gel atau body wash dengan tekstur 'foamy' dan 'creamy', usapkan pada seluruh tubuh sambil lakukan pijatan lembut. Atau, Anda bisa berendam dalam bath tub sambil menikmati keharuman pembersih tubuh yang Anda sukai.

4. Keringkan Tubuh dengan Lembut
Sebagian besar orang punya kebiasaan mengeringkan tubuh dengan menggosok-gosokkan handuk ke kulit setelah mandi. Cara ini bisa menghilangkan kelembaban dan merusak kulit. Setelah mandi, sebaiknya cukup tepuk-tepukkan handuk ke kulit untuk mengeringkannya.

5. Oleskan Pelembab
Setelah tubuh kering, segera oleskan krim atau lotion pelembab ke kulit tubuh Anda. Pelembab akan membentuk lapisan tipis yang membantu menjaga kelembaban dan kehalusan kulit sepanjang hari. Kandungan pelembab juga akan terserap lebih baik saat tubuh Anda masih dalam keadaan lembab setelah mandi.

"Kulit Anda perlu diberikan pelembab yang baik, minimal dua kali sehari. Pilih produk pelembab yang sesuai jenis kulit Anda," tambah Dr Desai.

0 komentar:

Posting Komentar