Mobil Sering Menerjang Genangan Air. Awas Kaki-Kaki!
Hujan
deras belakangan ini menyebabkan banyak ruas jalan tergenang dan mobil
yang menerjangnya - apalagi sering - segera diperiksa di bagian
kaki-kaki karena rentan rusak. Bukan itu saja, kolong mobil pun terancam
keropos. Bagian paling rawan terkena efek genangan air adalah
karet-karet sambungan kaki-kaki seperti pada ball joint dan tie road end.
Jadi, jika memang kita tak bisa menghindari musim penghujan, perhatikan tips seputaran kolong mobil selengkapnya berikut ini:
1. Jangan biarkan pasir menempel di kolong hingga berhari-hari. Maksimal 24 jam harus sudah dibersihkan, karena kandungan logam disinyalir sebagai penyebab timbulnya karat. Banyak jasa cuci steam dengan penyemprot air bertekanan tinggi yang membantu merontokkan kotoran.
2. Biasanya, ada bagian yang kena oli dan menempel pada komponen kaki-kaki. Sebisa mungkin dihilangkan. Jika susah, cari jasa cuci steam yang menyediakan penyemprot air panas untuk lebih mudah menghilangkan oli. Jika dibiarkan terlalu lama, pasir akan lebih banyak menempel.
3. Jika ditemukan sedikit saja sobek pada karet-karet penyambung di ball joint atau tie rod end, segera ganti. Karena dikhawatirkan pelumas yang ada di dalam karet terganti dengan air dan pasir yang justru membuat komponen suspensi rusak parah.
4. Karet as roda dan karet steering pack pada mobil berpenggarak roda depan juga sama, perhatikan kondisinya. Jika ada yang sobek, segera ganti agar air dan pasir tidak masuk dan melukai komponen.
Jadi, jika memang kita tak bisa menghindari musim penghujan, perhatikan tips seputaran kolong mobil selengkapnya berikut ini:
1. Jangan biarkan pasir menempel di kolong hingga berhari-hari. Maksimal 24 jam harus sudah dibersihkan, karena kandungan logam disinyalir sebagai penyebab timbulnya karat. Banyak jasa cuci steam dengan penyemprot air bertekanan tinggi yang membantu merontokkan kotoran.
2. Biasanya, ada bagian yang kena oli dan menempel pada komponen kaki-kaki. Sebisa mungkin dihilangkan. Jika susah, cari jasa cuci steam yang menyediakan penyemprot air panas untuk lebih mudah menghilangkan oli. Jika dibiarkan terlalu lama, pasir akan lebih banyak menempel.
3. Jika ditemukan sedikit saja sobek pada karet-karet penyambung di ball joint atau tie rod end, segera ganti. Karena dikhawatirkan pelumas yang ada di dalam karet terganti dengan air dan pasir yang justru membuat komponen suspensi rusak parah.
4. Karet as roda dan karet steering pack pada mobil berpenggarak roda depan juga sama, perhatikan kondisinya. Jika ada yang sobek, segera ganti agar air dan pasir tidak masuk dan melukai komponen.
0 komentar:
Posting Komentar