Subscribe:

Labels

Sabtu, 12 Januari 2013


Jalan Pintar di Negeri Kincir Angin


Higway Smart, menyala saat gelap. (dotsmagazine.com)– Berbagai cara dilakukan untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya. Belanda misalnya, negeri Kincir Angin ini tengah mengembangkan konsep jalan raya pintar atau Highway Smart, dimana saat kondisi gelap, jalanan akan terlihat menyala tanpa bantuan lampu lalulintas.

Highway Smart yang dapat memancarkan sinar dalam keadaan gelap dirancang oleh sebuah perusahaan desain asal Belanda, Studio Roosegaarde bekerja sama dengan Heijmans Infrastructure.

Dilansir Digital Journal, Jumat 11 Januari 2013, jalanan yang akan menyala ini akan mulai dioperasikan pada 2013 di sejumlah jalan raya di Belanda. Untuk uji coba, sepanjang jalan raya di Provinsi Branbant, telah diterapkan terlebih dahulu.

Agar jalan dapat bersinar, sejumlah tanda-tanda rambu lalu lintas akan dicat menggunakan cat berteknologi photolumniescent.

Energi cahaya yang dihasilkan bukan berasal dari listrik, melainkan menyerap sinar matahari. Highway Smart sendiri dapat menyala hingga 10 jam lamanya.

Sinar dari jalanan juga dikatakan dapat memenuhi penerangan di jalan raya yang menggantikan lampu penerang jalan.

Dengan konsep terbaru ini jalan raya akan tetap terang dengan berbagai kemampuan mulai dari glow-in-the-dark road, dynamic paints, interactive lights, induction priority lanes dan wind lights.
Saat jalanan gelap tepat di musim dingin dengan jalanan licin, peneliti juga akan menerapkan sensor suhu dingin agar memperingati para pengendara, dengan berbagai symbol yang akan muncul di jalanan.

Rencananya, lima tahun kedepan jalan di Belanda juga akan diterapkan jalur prioritas induksi yang dapat mengisi kendaraan listrik saat mereka mengemudi di atas lampu jalan.

0 komentar:

Posting Komentar