Subscribe:

Labels

Senin, 04 Februari 2013

Januari, Pasar Mobil Amerika Tersenyum


- Januari lalu, penjualan mobil di Amerika Serikat meningkat sampai 14 persen yang dipicu oleh para konsumen menyerbu dealer. Toyota memimpin dengan lonjakan 27 persen menjadi 157.725 unit. Sementara General Motors (GM), Ford, Chrysler, dan Honda juga mencatat pertumbuhan pasar dua digit, meski tak disebutkan angka pasti.
"Industri kami (otomotif), saya pikir, muncul sebagai salah satu poin yang kuat bagi perekonomian," kata Bill Fay, General Manager of Toyota Motor Sales USA dikutip kantor berita AFP, akhir pekan lalu. Menurut Bill, naiknya penjualan sudah mulai terasa sejak kuartal keempat dan terus berlanjut di Januari lalu yang melebihi harapan industri. Ini awal yang baik buat Toyota dan kami berharap perekonomian tetap stabil, permintaan akan mobil naik dengan adanya produk baru, sehingga kondisi pasar jadi lebih baik lagi di Februari."
Tahun lalu, total pasar mobil di Amerika mencapai 15.290.000 unit, lebih sedikit dari target yang dipatok awal tahun 15.370.000 unit. Namun, jumlah itu, menurut data Autodata naik tajam dibanding 2012 yang 13.980.000 unit. Sementara pengiriman mobil ke dealer-dealer untuk Januari lalu juga meningkat 14 persen menjadi 1,04 juta.
Di belakang Toyota membayang Ford yang penjualannya juga naik 22 persen menjadi 166.501 unit. Ini yang tertinggi di antara Januari sebelumnya sejak 2006. Pengaruh lain yang diterima produsen Amerika itu, sahamnya tumbuh menjadi 15,9 persen.
"Ford sudah mengawali dengan kuat tahun ini," sebut Kepala Penjualan Ford Amerika Ken Czubay. Investasi di kendaraan baru yang irit bahan bakar, termasuk dengan mesin EcoBoost dan teknologi hybrid, sudah terbayar.
Sementara Chrysler juga ikut menikmati kenaikan sebesar 16 persen menjadi 101.149 unit. Ini termasuk bulan ke-34 berturut-turut perusahaan menuai keuntungan.
"Ini merupakan minggu yang baik buat Chrysler," ungkap Kepala Penjualan Reid Bigland. Rabu lalu, manajemen mengumumkan keuntungan 2012 1,7 miliar dollar Amerika (sekitar Rp 17 triliun).
Kondisi yang sama juga dipetik GM dengan kenaikan 16 persen (194.699 unit) dan ini tertinggi dibandingkan Januari sebelum-sebelumnya sejak 2008. "Dengan awal yang baik, ada rasa optimisme di kalangan delaer kami yang datang saat pertumbuhan ekonomi baik dengan produk-produk baru yang hebat," bilang Kepala penjualan Kurt McNeil

0 komentar:

Posting Komentar